Setelah tau kena Kanker, lalu?

Hulaaaa, baru sadar lama ga nulis, karna bingung mau nulis apa, mau cerita pengalaman aja ya..

Jadi gini, beberapa waktu belakangan aku dan keluarga sedang berkutat untuk mencari tau tentang seluk beluk penyakit kanker, kenapa cari tau? Ya karna ada yang kena 😢 

Sejujur-jujurnya penyakit itu adalah penyakit yg amat-saangat aku takuti menjangkit aku atau keluargaku, tapi kenyataannya berkata lain 😊 dari apa yang aku alamin, aku cuma mau bilang klo takut pada sesuatu boleh, tapi klo bisa jangan terlalu berlebihan, biar klo terkena/kejadian, ga kacau banget.. huhuhu πŸ˜…
Ah ya, karna kami makhluk sosial, dan bertetangga, jadilah ketika mereka tau ada yang terkena penyakit ini, pada jengukin untuk kasih semangat, tukar pengalaman, kasih saran, dan tentunya bertanya, diantara pertanyaan yang ditanyakan, pertanyaan yang paling sering muncul adalah, Pas dokter kasih tau klo kena kanker, lalu gimana? Mungkin ini ga penting, cuma pengen nulisin sih, biar jadi catatan sendiri tentang perjuangan keluarga kami menghadapi kanker, dan siapa tau juga ada yg sedang seperti kami, bisa jadi bahan bacaan atau pertimbangan..

Oke, maaf kelamaan, balik ke topik ya…

Pas dokter kasih tau klo kena kanker, lalu gimana? 

  1. Menangis, yaps kami manusia biasa, ga bisa dibohongi klo kami menangis, baik yang terkena atau keluarga yang lain, ketika tau ada salah satu anggota yang terkena kanker, ya pasti sedih banget lah, ya pada nangis (bahkan nangisnya berhari-hari, tiap malam) 
  2. Beri jeda, kami memberi waktu diri sendiri untuk bersedih, berdoa, mengeluh, menyesal, memohon sama Tuhan, dan juga tidak membicarakan hal ini diluar keluarga terdekat, di tahap ini benar-benar menyiapkan mental untuk semua hal yang akan kami hadapi.
  3. Cari jalan, setelah merasa tenang dan siap secara lahir-batin, cari jalan keluar bersama-sama (cari refrensi pengobatan, rumah sakit, dokter, dan semua hal yang berkaitan tentang kanker) klo bisa jangan terlalu lama, agar sakitnya segera mendapatkan penanganan.
  4. Siapkan Finansial, entahlah harusnya ini diurutan keberapa, tapi bagi keluarga kami, persiapan finansial kami lakukan setelah semua refrensi dan opsi tentang jalan yang akan kami tempuh telah jelas.
  5. Bergerak dan Jalani, setelah semua usaha sudah coba kami lakukan, saatnya menjalani apa yg sudah menjadi takdirnya, dilakukan yg terbaik sebisa mungkin, dijalani dengan berani, dilindungi dengan doa πŸ™‚

Apalagi ya? πŸ™„ sudah kyaknya, ntar klo  kurang ku edit lagi..

Bagi ada seseorang di luar sana yang membaca tulisan ini dan kebetulan mengalami hal yang sama, semangat ya karna Tuhan memberikan ujian, beserta jalan keluar πŸ™‚

“Sakit diobati, takdir dijalani, klo sudah waktunya gak bisa dihindari” – mama

Sekian, semoga kita semua diberikan kebaikan dan kesehatan.

❀

KUNU.

Iklan

49 respons untuk β€˜Setelah tau kena Kanker, lalu?’

  1. Ayu Frani berkata:

    Saya turut merasakan apa yang Kunu dan keluarga rasakan. Saya tahu, pasti tidak akan mudah untuk menjalani ini semua. Tapi, saya melihat harapan yang besar dari tulisan Kunu, Kunu dan keluarga sudah berama-sama mempersiapkan diri pada setiap kemungkinan yang terjadi didepan. Bagi saya, ini adalah hal yang sangat penting. Mohon untuk terus dipertahankan dan dipupuk terus hubungan baik ini.
    Berjuanglah dengan tegar dan kuat ya, Kunu.
    Kami pasti akan berdoa untukmu dan Keluarga.
    Salam.

    Disukai oleh 1 orang

  2. zapufaa berkata:

    Bismillah semoga kita dijauhkan dari kanker dan segala macam jenisnya yang buanyakkkk pisan ;(
    Toh pada akhirnya manusia akan meninggal,

    etapi,
    semoga jangan karena kanker juga ;(

    Disukai oleh 1 orang

  3. ysalma berkata:

    Semoga semangat dalam tulisan ini tetap terus terjaga ya, Nu.
    Semangat adalah sebagian dari obat penyakit. Keyakinan dalam kalimat mama, ikhtiar dalam keikhlasan tak berbatas.

    Disukai oleh 1 orang

  4. akhmad muhaimin azzet berkata:

    Saya juga ada keluarga yang terkena kanker. Kaget tentu. Sedih juga tentu. Tapi, setelah beberapa waktu, termasuk bertemu dengan beberapa kenalan yang sama, ternyata ada pelajaran yang menjadikan hidup tetap bahagia, yakni diterima dengan ikhlas. Nah, mulai saat itulah… ada kekuatan dari dalam, termasuk ini juga sebagai obat.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Juman Bin Wastono berkata:

    Sedih bacanya, semoga siapapun yg sesang terkena kanker segera mendapatkan kesembuhan.

    Dan ngomong soal kanker ada berbagai metode pengobatan, salah satunya pengobatan alternatif yg biasanya jd pilihan kalangan menengah kebawah. Salah satunya pengalaman adik saya yg menemani pacar nya berobat karna terkena kanker payudara.

    Metode ya aneh seperti dioperasi tp tsk ada bekas lukanya. Dan konon sdh banyak penyakit yg berhasil disembuhkan oleh bliau, padahal rumah sakit sdh angkat tangan.

    Suka

    • kunu berkata:

      Amiin, terimakasih banyak doanya πŸ™
      Klo boleh tau itu pengobatannya bagaimana ya? Ada sih yang kemarin yang kasih tau tentang alternatif atau herbal gtu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s