Benarkah Ikhlas Itu Ungkapan Putus Asa?

Firdauzagung

Sejak masih kecil kita diajari untuk ikhlas.

“Sudah, ikhlaskan saja!” ujar seorang teman, saat tahu kalau saya baru kehilangan handphone lawas yang penuh dengan nomor kontak teman-teman.

“Sudah, Bu, diikhlaskan saja!” kata seorang ibu pada tetangganya, saat mendengar bahwa ipar si tetangga menjadi korban investasi bodong.

Ikhlas awalnya memiliki makna yang bagus, yakni kebersihan hati dan kemurnian niat. Sayangnya, makna yang bagus itu kini lebih terdengar sebagai ketidakberdayaan, keputusasaan, atau kebingungan mengambil tindakan yang tepat.

“Hidup memang begitu, terima saja,” begitu kurang lebih kalau kita ungkapkan.

zebra-84074_960_720 Sumber gambar: pixabay.com (https://goo.gl/gmMgBM)

Ketika kasus First Travel menyeruak dan netizen ramai-ramai membicarakan gaya hidup pemilik perusahaan itu, Andika Surachman dan Annisa Hasibuan, seseorang berkomentar di wallFacebook-nya, “Udah, sabar aja, namanya juga cobaan. Ikhlasin deh, toh mereka sesama muslim.”

Entah mulai kapan keikhlasan dipakai untuk mengunci akal sehat kita. Seolah tak ada cara lain, kini ia digunakan untuk membungkam kewarasan.

Lihat pos aslinya

Iklan

KEPO

Kepo : keingin tau-an pada sesuatu hal secara detail. Secara umum seperti itu sih artinya kepo 😃 Kemarin siang, dengan hp yang masih ditangannya temanku sebut saja "AR" menangis, awalnya hanya setetes, dua tetes, kemudian bertetes-tetes. Aku melihatnya, tapi aku coba diam, memberikan waktu kepadanya untuk menyelesaikan sedih-nya. "Kamu kenapa?" Tanyaku setelah ia mulai tenang. … Lanjutkan membaca KEPO

Terimakasih!

(Edit gambar, baru dapetin dari WP 😰)  Si empunya blog lagi seneng nih 😄  Emang ada apa? Blog Kunudhani.wordpress.com (catatan datar anak manusia dan lingkungan disekitarnya) udah satu tahun loh 😍🎈🎈🎈🎉🎉 Sebenarnya aku tak tahu, kapan persisnya aniv nya si Kunudhani ini, soalnya tim WP gak kasih ucapan selamat, ntahlah... akhir-akhir ini WP mulai sensi ke … Lanjutkan membaca Terimakasih!

Akad

Payung Teduh - Akad Betapa bahagianya hatiku saatKu duduk berdua denganmuBerjalan bersamamuMenarilah denganku Namun bila hari ini adalah yang terakhirTapi ku tetap bahagiaSelalu kusyukuriBegitulah adanya Dan bila kau ingin sendiriCepat cepatlah sampaikan kepadakuAgar ku tak berharapMembuat kau bersedih Bila nanti saatnya t'lah tibaKuingin kau menjadi istrikuBerjalan bersamamu dalam teriknya hujanBerlarian kesana-kemari dan tertawa Namun bila … Lanjutkan membaca Akad

Perjalanan Pertama

Setelah kunjungan terakhirku ke pondok hanya sekedar melihat-lihat kamar dan asrama, aku ke pondok lagi tapi kali ini lebih lama, aku ke pondok untuk MOS, jadi sistemnya pondokku saat itu adalah... pendaftaran (membayar biaya pendaftaran + biaya matrkkulasi )👉 anak akan mengikuti MOS 👉 setelah selesai MOS penetapan kelas, dan persetujuan terakhir ( jadi setelah mos … Lanjutkan membaca Perjalanan Pertama