Perjalanan melawan kanker!

Saking lamanya ndak nulis diblog buat kalimat pendahuluan aja susah amat (tulis-hapus-gitu terus) wkwkw 😅

Sejujur-jujurnya aku bingung mau nulisnya yang model gimana, akhirnya kepikiran nulis model QnA biar mudah terbaca, padahal mah ya ga ada yang nanya juga ke aku. Wkwkw, yaudahlah langsung aja biar ga kebanyakan basa-basi..

Awal mula bisa tau kena kanker bagaimana? Awal dari perjalanan ini adalah ada hal yg ganjil terhadap (salah satu keluargaku, yg ku singkat SSK-biar ga kepanjangan), adanya perubahan pada bagian tubuh tanpa merasakan sakit ataupun nyeri-nyeri, pada awalnya masih dibiarkan namun lama-kelamaan perubahan itu semakin ketara sekali, lalu.. dilakukanlah pemeriksaan biasa, yang kemudian disarankan dilakukan pemeriksaan lanjutan (ditahap ini sudah mulai curiga) setelah selesai pemeriksaan lanjutan, pihak dr mulai menjelaskan dengan rinci dan sangat hati-hati yg intinya seperti ini “berdasarkan hasil pemeriksaan memang ada satu hal yg tidak normal pada tubuh SSK yg didiagnosa kanker, sehingga harus dilakukannya tindakan selanjutnya serta untuk mengetahui kanker tersebut ganas atau tidak, selain itu pihak dr juga memberikan masukan-masukan terkait tentang proses selanjutnya”

Setelah proses diagnosa, konsultasi, dll sampailah di proses pembedahan dan pengangkatan (jarak antara diagnosa awal hingga pembedahan berjalan cepat, kurang dari 2 minggu)

Kemudian? Setelah oprasi, kurang lebih dua minggu berikutnya kontrol kembali dan diberitahukan mengenai kondisi sel kankernya (stadium, diameter), dan upaya berikutnya setelah pembedahan, karna RS yg kami pilih menerapkan sistem open biopsi sehingga pada saat proses pembedahan langsung dilakukan tindakan segera, dan saat itu kami berfikir sistem itu yang kami butuhkan.

Hasilnya bagaimana? Apapun hasilnya memang sudah jalannya, dan kami yakin hasil itu sudah paling terbaik.

oh ya pada saat dr-nya memberitahukan mengenai hasilnya ada hal yang paling aku ingat, dan menjadi dasar mengapa tulisan ini harus terbit, yakni dr-nya mengatakan, “berdasarakan hasil ini, kalau saja 6 bulan yang lalu sudah melakukan pemeriksaan dan sesegera mungkin dilakukan tindakan, tidak perlu chemo

Dari apa yang aku alami, menyadari adanya perubahan pada fisik kita merupakan hal yang penting sekalipun hal  kecil yang mungkin sering kita anggap remeh, dan segera mencari tau tentang perubahan itu hal yang tak kalah penting, ada yang berkata kepadaku,

tak perlu “merasakan sakit” untuk sakit, dan tak perlu menunggu sakit untuk memeriksakan diri.

Maaf klo tulisan ini membosankan atau terlalu panjang, padahal intinya cuma “sadari perubahan diri, dan jangan ragu untuk periksa”, tulisan ini kutulis dengan semangat dan kasih sayang, untuk kalian yang kuharapkan selalu diberikan kesehatan.

Kunu.

Iklan

8 respons untuk ‘Perjalanan melawan kanker!

  1. Quree berkata:

    Terima kasih mbak Kunu.
    2 bulan lalu nenekku meninggal karena kanker payudara. Gak tahu sama sekali, gak sempat berobat. Berobatnya pas karena sakit, makanya baru ketahuan.

    Baca ini aku jadi merenung, kalau semisalnya aku mengalami hal yang sama apa yang harus kulakukan?
    Karena kadang aku merasa, tidak ingin melakukan pengobatan apa pun yang berbiaya mahal. Tidak bermaksud putus asa atau tidak mau berusaha sembuh, tapi lebih kayak menyenangi apa yang terjadi gitu.

    Siaap menjaga kesehatan 💪🏼

    Disukai oleh 1 orang

  2. idanursilawati berkata:

    Rutin general chek up saja. Insyaallah aman. Karena sakit apapun bisa diketahui sejak dini.
    Terlebih kanker.
    Sesekali yang belum menikah jg coba papsmear. Untuk tahu bagian organ kewanitaan kita dan saluran reproduksi kita bebas kanker juga.
    Ayo periksa 😆😆

    Suka

  3. icetea7227 berkata:

    Nuuu, bagus banget ini infonyaaaa.. Tadinya kupikir aku tuu aneh karna dikit2 check up hahah meskipun kata temen2 aku “digigit nyamuk dikit aja kudu di cek ke dr” tapi kan tapi kan ada benernyaa jugaa kan hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s