Tahu vs Tempe

Holaaaaa ๐Ÿ‘‹

Jadi gini, sesungguhnya aku percaya bahwa manusia terbagi atas 2 tipe, tipe pertama manusia yang suka tahu, tipe kedua manusia yang suka tempe, sebagai manusia tipe pertama dan terkadang juga masuk tipe kedua (gak konsisten ๐Ÿ˜œ), dan sebagai penggemar berat tahu (terkadang tempe), aku merasa ada panggilan jiwa untuk menuliskannya (alibi ga ada ide ๐Ÿค), okey dari pada kelamaan ngecuprus, yuk mari kita cus…

CERITA SINGKATย 

Tahuย berdasarkan wikipedia โžกย Tahuย  adalah makanan yang dibuat dari endapan perasanย bijiย kedelaiย yang mengalamiย koagulasi. Tahu berasal dariย Tiongkok, seperti halnyaย kecap,ย tauco,ย bakpau, danย bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dariย bahasa Hokkianย (tauhu) (Hanzi: ่ฑ†่…,ย hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu telah dikenal diย Tiongkoksejak zamanย dinasti Hanย sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalahย Liu Anย (Hanzi: ๅŠ‰ๅฎ‰) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisarย Han Gaozu,ย Liu Bangย yang mendirikan dinasti Han.

Tempeย berdasarkan wikipedia โžกย Tempeย adalahย makananย yang dibuat dariย fermentasiย terhadap bijiย kedelaiย atau beberapaย bahan lainย yang menggunakan beberapa jenisย kapangย Rhizopus, sepertiย Rhizopus oligosporus,ย Rh. oryzae,ย Rh. stoloniferย (kapang roti), atauย Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragiย tempe”.ย Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia.

TENTANG SELERA

โžก Kenapa menjadi tipe orang pertama (lebih suka tahu dari pada tempe)?ย 

+ karna tahu lebih lembut, lebih enak dikunyah, dan gak ada acara nyelip di gigi ๐Ÿ˜‚

+ sebagai orang awam yang gak terlalu pintar masak, tahu lebih mudah dikreasikan ketimbang tempe, mau masak tumis ngawur model gimana aja klo aku cemplungin tahu, rasa berantakannya gak keterlaluan ๐Ÿ˜‚

– klo polosan, rasanya biasa aja, apalagi klo cuma direbus tanpa garam, disaat seperti ini aku akan berpaling ke tempe ๐Ÿ˜˜

โžก Kenapa terkadang suka tempe?

+/- kebalikan dari penjelasan tahu ๐Ÿ˜›

Sumber : @www.lestariweb.com

Masakan yang menurutku enak dengan bahan dasar mereka ( sikembar beda jenis ๐Ÿ˜› )

Tahu,

Semur tahu (endes pisan euy), tahu bacem, tumis tahu pakai cambah, bola-bola tahu isi sosis, tahu goreng tepung potong kotak-kotak bukan persegi panjang, bali tahuuu (ini mah juaraak bertahan dihatiku ๐Ÿ˜˜ ๐Ÿ†)

Tempe,

Tempe penyet di sambal, tempe mendoan pakai daun bawang, tempe tumis sama kacang panjang, orek tempe (klo kecapnya pakai cap laron lebih enak, serius gak bohong & gak lagi promosi ๐Ÿ˜› )

Apalagi ya? ๐Ÿ™„

Udah itu aja kyaknya…

Semua kembali keselera, ย apapun seleramu…

Mau tempe, atau tahu,

Ku tetap mendoakanmu, agar sehat selalu. ๐Ÿ˜

Selamat ber-malam minggu.

๐Ÿ’™

Kunu.


115 respons untuk โ€˜Tahu vs Tempeโ€™

  1. Desfortin berkata:

    Sy suka tahu dan tempe, tp tahu mungkin lbih suka kyaknya, khususnya klau digoreng. Tahu bacem su jg suka.

    Menurutku, tahu tempe itu 2 makanan yg murah meriah tp bergizi, bnar gak ya? Hee…

    Mlm minggu bgni yuk mkan tahu di warung sblah, mungkin msh ada, ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Suka

  2. audris berkata:

    Aku penggemar keduanya tapi pakai terms&conditions wkwk. Selama mereka nggak dikukus, aku akan tetep makan walaupun kadang hambar karena pas digoreng lupa direndem pake garem dulu. Tapi ndak apa-apa, pokoknya selama gak dikukus aja aku bisa terima, tempe tahu my lov!

    Suka

    • kunu berkata:

      Awwww, terimakasih banyak zah ๐Ÿ˜
      Ntar klo kita bisa ketemu ku bawain ๐Ÿฌ buat kamu ๐Ÿ˜›
      Aku juga tim tahu bulaaat ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Suka

  3. Nur S Ahmadi berkata:

    Mau komen …jauh amat ya …tp tetap sabar he he
    kalau aku lebih suka tempe, karena menurutku tempe lebih gurih, tapi tahu sering makan juga terutama tahu isi atau tahu bacem, kalau cuma digoreng biasa bumbunya cuma terasa diluar teutama jika diiris tebal, jadi lebih ssering goreng biasa tempe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s