TOLONG BERHENTILAH UNTUK … ….

Sebenernya bukan jadwal post, tapi berhubung aku baru ngalamin kejadian yang sebenernya ini jadi unek-unek (hal yang ingin dikeluarin) dari lama, yaudah deh post aja..

Sekali lagi, sebenernya aku sudah lama sih gak nyaman-nya, tapi puncaknya akhir-akhir ini (ntahlah mungkin karna aku jadi sensian beberapa hari terakhir) 😅


Beberapa hari yang lalu aku makan sama teman, aku yakin sekali pakaian kami saat itu sopan (apalagi temanku), kami juga ga aneh-aneh cuma mau duduk untuk makan, ntah kenapa ada beberapa orang yang lihatin kami, yang menurutku itu cukup lama dengan tatapan penuh keanehan (ini gak GR soalnya temenku juga ngerasa kami dilihatin)

Tadi pagi bapak ke malang, ada kerjaan sekalian mampir nengokin anaknya, biar gampang ketemulah kami disalah satu rumah makan, kebetulan aku duluan yang datang tidak lama kemudian bapak menyusul, saat kami berdua makan-betapa tidak nyamannya aku karna gak jarang orang menatap lama ke arah kami ( ini  juga gak GR karna pas aku lihatin balik, org trsebut refleks memalingkan wajahny) atau mungkin dikirannya aku makan sama om-om kali yaa 😏

Apalagi kejadiaanya ya.., banyak lah yang jelas gak cuma sekali dua kali 😡

Parahnya hal itu gak cuma ke aku, klo ke aku mungkin karna dandananku terlalu polos, atau lipen kurang merah, atau alis kurang tebel sampe dilihatin sebegitunya… 😠

Beberapa hari yang lalu (juga) aku makan sama temen, gak lama ada orang datang, beliau memang terlihat istimewa dibandingkan kita yang lainnya, tampilan beliau memang beda, janganlah ditanya berapa yang lihatin beliau dalam waktu cukup lama? Yang jelas banyak!

 

TOLONGLAH BERHERNTI UNTUK MELIHAT ORANG ASING DENGAN JANGKA WAKTU CUKUP LAMA, APALAGI DENGAN TATAPAN PENUH KEANEHAN!!!

 

Biar ringkas…..

Kamu mungkin ke GR-an? Mungkin, tapi klo memang aku ke GR-an kenapa ketika dilihatin balik berpaling,oh ya sebelum ku lihatin balik aku selalu lihat apa belakang atau kanan-kiri ada orang? Hal itu aku lakuin agar aku tak merasa ke GR-an tapi emang mungkin aku yang ke-GRan 😒

Lalu bagaimana dengan mereka? Aku juga diposisi orang lain, ketika ada manusia lain menatap manusia yang lain dengan lama, sebagai orang lain, aku tau persis klo itj beneran dilihatin dan lamaa, jadi gak ada unsur ke-GRan disini (cukup sering ada orang lain ngelihatin yang lain dengan cukup lama)

Biarin dong itu hak dia, dia yang punya mata! Emang dia punya mata, aku gak ngelarang  orang lain untuk melihat lingkungan sekitarnya, monggo atuh klo mau ngelihat, gak bisa juga kan nolak apa yang refleks kita lihat, tapi tolong lah ya mbok lihatnya jangan lama-lama… risih loh dilihatin lama itu…. orang lain punya hak untuk melihat apapun, kita semua juga punya hak yang sama untuk tetap nyaman (gimana bisa nyaman klo dilihatin terus)

Lebay banget, cuma dilihatin aja bisa sampe ngeluh? Klo buat aku pribadi dilihatin cukup lama bakal buat mental cukup turun (contoh : aku lagi makan, terus ada satu/dua orang yang ngelihatin lama pasti aku bakalan gelisah, akan ngaca terus atau tanya orang terus tentang penampilanku, dan walaupun udah pindah lokasi, udah gak ada yang lihatin teteup aja bawaanya gak pede dan ngerasa ada yang aneh sama diri sendiri ) ngebuat orang gak pede, gak baik 😔

👉 bapak dulu pernah kecelakaan dan pakai alat bantu berjalan. Suatu waktu kami makan bersama ke rumah makan, aku jalan disamping bapak sambil jagain bapak, gak lama bapak bilang “kak duluan aja, banyak yang lihatin, bapak gak nyaman klo kamu juga dilihatin orang, bapak bisa sendiri kok” aku aja yang gak ngalamin ngerasa sedih, apalagi yang ngalamin 😢

Hidup di lingkungan yang luas ya harus nerima, orang kan macem-macem! Aku terima kok, cuma klo berpendapat apakah salah? Biar sama-sama enak, aku juga gak ngelarang buat dilihat, tapi jangan dilihatin.

 

Semua orang punya hak yang sama untuk melihat, dan semua orang juga memiliki hak yang sama untuk merasa nyaman.

 

Mungkin banyak yang gak setuju sama pendapat aku, wajar…  namanya pemikiran orang pasti kan beda-beda, dan juga mohon maaf sekali dengan kata-kata yang gak enak, semoga kedepannya kita bersama dapat lebih baik🙏