KARMA

Inked9724881-White-brick-wall-perfect-as-a-background-square-photograph-Stock-Photo_LI

Ada yang tau definisi karma?  Klo belum tau, aku kasih tau ya… Karma adalah  adalah pengumpulan efek-efek (akibat) tindakan/perilaku/sikap dari kehidupan yang lampau dan yang menentukan nasib saat ini, maka karma berkaitan erat dengan kelahiran kembali (reinkarnasi). Segala tindakan/perilaku/sikap baik maupun buruk seseorang saat ini juga akan membentuk karma seseorang di kehidupan berikutnya. (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karma ) banyak definisi Karma, dan teryata Karma juga merupakan ajaran suatu Agama, karna tidak membahas secara rinci aku ambil definisi secara umumnya aja, bila tertarik untuk mengetahui Karma bisa nge-google 😛

 

Jadi intinya karma itu adalah balasan apa yang kita lakukan, menurutku karma itu bukan mitos karna masih bisa dilogika, masuk akal kok tapi gak bisa dialahkan juga orang yang gak percaya tentang karma, hak-hak orang juga mau percaya atau gak, bebas.. hahaha 😀 mungkin contohnya adiikku, adikku itu gak percaya sama karma, dia gak percaya mitos dan hal di luar logika lainnya, tapi dia percaya “apa yang kamu tanam, suatu saat akan kamu tuai” sebenarnya sama aja sih maknanya sama karma, Cuma pakai bahasa yang lebih ilmiah aja.. hahaha 😀

Aku curhat dulu boleh ya, di post seblumnya aku pernah cerita klo aku pernah dapat karma karna perbuatanku, oleh sebab  itu aku percaya sih sama karma. Oh ya masih seputar cerita itu, aku dulu pernah disakitin seseorang, dan orang tersebut juga pernah menyakitin seseorang sebelum aku, yaudah intinya dia yang membuat banyak orang sakit hatilah… Karna aku merasa sudah mendapatkan balasan atas perbuatanku.. dengan hati dengki, dan sisa kejahatan yang ada *sadar klo gak baik-baik banget*, aku berdoa agar dia (seseorang yang menyakiti banyak orang  tersebut) mendapatkan Karma atas perbuatannya yang jahat, karna aku orang jahat yang di jahatin walhasil aku meminta karma yang ditujukan kepada seseorang tersebut disetiap doaku, aku selalu menunggu dengan sabar karma datang kepadanya (ceritanya persis sama lagunya Nidji-Terusir, menunggu karma), aku terus menunggu hari demi hari, tapi penantianku nihil, dia tidak mendapatkan karma itu.. dan sampai akhirnya aku mencoba mengikhlaskan perbuatanya yang dia lakukan, dan mencoba memafkanya, tidak berselang lama setelah aku berjanji sama diri sendiri untuk memafkanya, aku menemukan bacaan mengenai karma, banyak hal baru yg aku tau, inti dari bacaan yang membuat aku sadar  tersebut adalah “Karma itu bukan hanya perbuatan buruk yang  dibalas dengan hal buruk pula, namun perbuatan buruk yang dibalas dengan hal baik, dan seseorang tersebut (yang menyakiti) tidak mendapatkan hal baik yang kamu (orang yang tersakiti) dapatkan”  kata-katanya mbulet ya? Memang, klo aku njelasin langsung ke temanku aja harus pake contoh, apalagi dalam bentuk tulisan 😛 pakai contoh aja ya jadi contohnya gini, Si gadis disakitin oleh seseorang pria, karma itu bukan hanya si pria mendapatkan perbuatan seperti yang dia lakukan kepada si gadis, namun bila si gadis mendaptkan hal baik (kebahagiaan) yang si pria tersebut tidak bisa dapatkan, itu juga berarti karma untuk si gadis, karma baik. sejak saat itu klo aku disakitin sama orang aku coba melupakan perbuatanya, mau dia dapetin karma atau enggak bukan urusanku yang jelas pasti ada hal baik yang bisa dipelajarin dari kejadian tersebut, semoga contohnya jelas ya 🙂 klo udah pada banyak yang tau, yaudahlah gak papa, cuma kasih tau yang aku baca aja :P, soalnya waktu aku jelasin ke teman-temanku mereka semua bilang baru tau klo karma juga berarti seperti itu, makannya aku tulis di blog untuk berbagi,  siapa tau ada yang lagi menunggu karma, gak perlu ditunggu coba dimaafkan saja 🙂

Oh ya, semua orang punya hak utuk percaya atau tidak,  tapi menurutku klo ada hal baik kenapa tidak diterapkan, itung-itung buat benteng agar kita tidak melukai persaan orang lain dan tulisan ini bukan cuma untuk karma cinta-cintaan tapi untuk semuanya, kebutulan cerita yang aku punya edisi cinta-cintaan 🙂

Intinya tulisan ini adalah, banyak hal baik yang menunggumu setelah hal buruk yang menimpamu, jangan terlalu menyesali hal buruk di masa lalu sampai lupa bila banyak  hal baik sedang bersama kita, terimaksih sudah membaca 🙂

Iklan

21 thoughts on “KARMA

  1. mfadel berkata:

    Tetep ya nu… biarpun bahas karma juga, pengaplikasiannya ya pada mantan 😂😂
    Tapi ya bener juga. Namanya karma berlaku di segala kasus. Makasih udah ingetin nu supaya senantiasa berbuat baik dan menghindari yang namanya menyakiti hati orang lain

    Disukai oleh 1 orang

  2. azizatoen berkata:

    Karma itu enak, apalagi kalo dimakan waktu buka puasa. Bisa mendatangkan pahala karena termasuk sunnah
    *eh ini karma yang mana ya wkwkwk*

    Bener sih apa yang ditulis kak Kunu, hidup layaknya bumerang dan hukum aksi reaksi di fisika, atau seperti pepatah yang kak Kunu sebutkan di atas, apa yang kau tanam akan kau tuai 😆

    Disukai oleh 1 orang

  3. Dyah Ayu Pamela berkata:

    Dlm Islam ga ada karma, atau hukum sebab akibat katanya sih begitu… Tapi yg aku sadari adalah hikmah. Ketika kt diberi cobaan atau perlakuan tdk baik, justru hal itu yg membuat kita kuat, dan jangan salah kadang kita tersakiti, wlw org yang menyakiti kita tdk memperoleh balasan karma, tapi ternyata Tuhan menyelamatkan kita dari orang yang salah dalam arti kita mendapati seseorang yang lebih baik dari sebelumnya 😃… Ada kata-kata begini “Allah mematahkan hati mu agar menyelamatkanmu dari orang yang salah,” (sekedar menghibur ya)

    Disukai oleh 1 orang

    • kunudhani berkata:

      Terimakasih mbk informasinya mbk, iya mbk di Islam ga ada namanya Karma, karma sebenarnya ajaran dari Agama lain, tpi klo prcya smua yg dilakukan bkal ada blasanny gk salah kn ya 😂 Biar klo mau nglukain org lain mikir dulu 😊

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s